Usaha Sampingan Modal Ringan Dari Rumah

  • Whatsapp
Usaha Sampingan Modal Ringan Dari Rumah

Usaha sampingan biasanya dilakukan ketika butuh tambahan penghasilan pada saat membutuhkan dana entah itu untuk hal tujuan tertentu atau memang harus segera melunasi pinjaman cepat.

Jika ditekuni secara serius, usaha sampingan kadang-kadang bisa jadi pendapatan utama. Malahan kini sudah banyak contoh pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari rumah. Inspirasi ini pun terbukti bahwa beberapa perusahaan besar, berawal dari rumah.

Supaya tetap bisa merawat mimpi menjadi pengusaha sukses, berikut ini ada beberapa ide usaha sampingan yang bisa dijalankan dari rumah dengan modal ringan dan tidak perlu sewa lapak atau tempat berjualan.

  1. Katering Sekolah

Jika masih punya anak usia SD, bekal dari rumah bisa jadi salah satu cara dan strategi untuk memasarkan usaha katering sekolah. Umumnya anak-anak selalu mudah mencontoh dan menduplikasi sesama temannya. Dengan begitu, pemasaran katering sekolah bisa lebih mudah dan cepat tersebar dari mulut ke mulut.

Caranya sebenarnya sederhana saja, misalnya melebihkan bekal makanan anak dengan tujuan supaya bisa dibagikan kepada teman-temannya. Dari cerita anak-anak biasanya akan langsung sampai pada orang tuanya. Jika sudah begitu, kamu hanya perlu menawarkan paket katering sekolah yang sehat, higienis, bervariasi, dan tetap terjangkau oleh berbagai kalangan.

  1. Kue Basah Jajanan Pasar

Masih berkaitan dengan bisnis kuliner, beberapa kue basah maupun kue kering jajanan pasar tetap laris manis diserbu pembeli. Umumnya usaha sampingan seperti ini menggunakan sistem pre-order atau memesan terlebih dahulu.

Pelanggannya biasanya dari berbagai kalangan. Mulai dari ibu rumah tangga sebagai camilan di rumah, pekerja kantor sebagai makanan ringan saat rapat, hingga kebutuhan acara-acara besar seperti pengajian, pertemuan, seminar dan sebagainya.

Pemasarannya juga cukup mudah kok. Manfaatkan saja media sosial seperti Instagram dan cobalah untuk beriklan dengan menyesuaikan target audience yang tepat.

  1. Isi Ulang Air Galon dan Gas

Meskipun margin keuntungannya sangat tipis, tetapi frekuensi pembeliannya cukup tinggi dan repeat ordernya juga lebih mudah jika layanan kita memuaskan. Jasa isi ulang air galon tidak bisa dimungkiri memang sempat menjadi bisnis primadona, tetapi lambat laun menyusut karena kurang menjaga kualitas.

Belum lagi dengan adanya persaingan ketat dari beberapa merek yang sudah ada. Padahal, masih banyak peluang usaha sampingan isi ulang air galon. Asalkan benar-benar bisa menjelaskan manfaat serta membandingkan kualitasnya dengan merek yang sudah ada. Masyarakat umumnya akan mudah beralih jika ada bukti yang bisa dipercaya bahwa produk yang dipasarkan memang punya kualitas yang lebih unggul.

  1. Sayuran Organik dari Rumah

Usaha sampingan menanam sayur organik belakangan sudah dikembangkan oleh pengusaha hotel dan restoran. Mereka sengaja memetik sayuran dari pekarangan sendiri. Nah, peluang tersebut sebenarnya masih terbuka lebar di perumahan dengan menjajakan pada tetangga-tetangga sayuran yang lebih sehat dan lebih mudah diakses.

  1. Sewa Kamar atau Rumah

Usaha sewa kamar atau rumah untuk para pelancong memang hanya cocok di daerah tertentu saja. Misalnya di dekat stasiun atau di dekat terminal yang aksesnya lebih mudah. Bahkan beberapa ruko dan rumah disulap menjadi hotel atau motel murah yang berdekatan dengan stasiun commuter line hingga stasiun MRT.

Tidak perlu terlalu mahal seperti bisnis hotel yang profesional kok. Beberapa rumah yang disewakan dengan konsep homestay pun malah lebih banyak dipilih karena lebih ramah di kantong. Untuk dekorasi dan kelengkapannya, tak perlu ragu memanfaatkan pinjaman cepat dari fintech seperti Kredivo.

Kredivo telah terdaftar dan mendapatkan izin resmi dari OJK. Lewat Kredivo, proses pengajuan pinjaman bisa cepat cair dan dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi saja.

Syarat Mendaftar Sebagai Anggota Kredivo

Mengajukan pinjaman cepat melalui Kredivo sangat mudah kok. Cukup gunakan aplikasi resminya saja. Daftar dulu dengan memenuhi persyaratan wajib berikut ini:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Penuhi dulu prasyarat tersebut, agar bisa mendapatkan kemudahan dalam proses persetujuan permohonan pinjaman untuk usaha lewat Kredivo.

Untuk bunga pinjaman cepat maupun belanja online yaitu 2.95 % per bulan. Sementara untuk besaran pinjaman akan dikenakan biaya admin di muka sebesar 6% dari total dana yang dipinjam. Pilihan tenor sangat bervariasi mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan.

Jika digunakan untuk belanja online, periode cicilannya bisa hingga 12 bulan. Kredit limit yang diberikan Kredivo hingga Rp30 juta sesuai dengan kondisi keuangan calon debitur.

Semakin besar kredit limit yang diberikan, semakin banyak layanan yang bisa dimanfaatkan seperti bayar berbagai tagihan dalam satu akun, belanja online tanpa bunga dengan pembayaran dalam 30 hari, hingga pinjaman jumbo dan pinjaman mini mulai dari Rp500 ribu.

Itulah beberapa usaha sampingan dengan modal ringan yang bisa dijalankan langsung dari rumah. Jika butuh pinjaman cepat untuk modal dari fintech yang beroperasi di Indonesia, pahami cara kerjanya, bunga, biaya admin, serta tenornya. Fintech yang terdaftar di OJK harus memberikan informasi secara transparan kepada calon debiturnya.

JIka tertarik dengan kelebihan yang ditawarkan Kredivo? Unduh saja aplikasi resminya, lakukan pendaftaran, tunggu persetujuan, lalu ajukan pinjamannya dengan mudah.

Related posts