Menu Sarapan Pagi Sehat, Bergizi dan Praktis

  • Whatsapp
Menu Sarapan Pagi Sehat, Bergizi dan Praktis

Memulai hari setelah kita terbangun dari tidur, sebaiknya kita segerakan mengonsumsi air putih, agar membantu tubuh kita untuk kegiatan detoksifikasi. Selain mengonsumsi air putih, kegiatan pagi hari, sebaiknya diisi dengan olahraga ringan dan sarapan.

Sarapan adalah ritual penting yang sebaiknya tidak boleh dilewatkan. Karena sarapan pagi yang berkualitas sangat membantu kita dalam menjalani aktivitas selama seharian. Selain memberikan kita dorongan energi untuk beraktivitas seharian, sarapan juga merupakan sumber makanan yang baik untuk memupuk sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin B, serta protein dan serat. Tubuh memerlukan nutrisi ini untuk memulai proses metabolisme, dan penelitian menunjukkan bahwa jika asupan nutrisi terlewatkan tubuh saat sarapan, kecil peluangnya untuk tubuh dapat membayar kerugian ini di kemudian hari. Selain itu, sarapan juga dapat membantu tubuh mengatur konsentrasi gula darah. Sarapan juga berkontribusi besar terhadap pemeliharaan daya tahan tubuh agar seseorang tidak mudah terserang infeksi. Namun, sarapan ini jelas tak boleh dilakukan sembarangan agar bermanfaat untuk kesehatan.

Melansir Medical News Today, sarapan yang sehat adalah sarapan yang mengandung makanan bergizi yang dapat memasok energi dan membuat kenyang lebih lama sehingga membantu seseorang mencegah makan berlebih di waktu selanjutnya. [1]

Sarapan harusnya memiliki asupan gizi yang cukup, sehat, serta yang paling penting adalah praktis dalam membuat sarapan tersebut. Karena, kebanyakan orang melewatkan sarapan karena malas untuk memasak,sehingga memilih makanan jadi, seperti nasi uduk, nasi kuning ataupun lontong, yang kebanyakan memiliki karbohidrat yang tinggi. Menu-menu berikut adalah beberapa saran menu sarapan pagi yang sehat, bergizi, serta praktis dalam penyajiannya:

  • Telur

Di balik berbagai mitos buruknya, telur mengandung 13 nutrisi penting untuk tubuh, termasuk tinggi kandungan protein. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi akan menangkal kebiasaan ngemil tidak sehat sepanjang hari. Selain itu, konsumsi setidaknya 8-10 gram hingga 20-25 gram protein tidak hanya akan menyediakan rasa kenyang yang lebih tahan lama, namun juga menjaga massa otot yang baik dari waktu ke waktu.

Ditambah lagi, kuning telur tinggi akan kandungan vitamin B kolin, yang penting untuk ketajaman memori, juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang mendorong kesehatan mata. Menu sarapan yang dapat kita coba mungkin terdiri dari 3 scramble egg dan 1,5 roti putih. Nutrisi yang akan kita dapatkan dari menu ini adalah 22% energi dari karbohidrat, 23% energi protein, dan 55% energi dari lemak.

  • Greek Yoghurt

Sama seperti telur, greek yogurt adalah sumber protein mengenyangkan yang baik (dua kali lipat lebih tinggi daripada yogurt biasa). Selain itu, greek yogurt juga kaya akan kalsium. Namun, usahakan untuk menggunakan plain greek yogurt (yogurt biasa tanpa tambahan perasa apapun) untuk menghindari asupan gula buatan yang tidak diinginkan. Yogurt dan produk susu lain juga bisa membantu mengontrol berat badan karena meningkatkan kadar hormon yang membuat kita merasa kenyang yakni PYY (Peptide YY) dan GLP-1  (Glucagon-Like Peptide-1).

  • Oatmeal

Oats adalah gandum utuh yang melalui proses penggilingan, dan  gandum utuh dapat menurunkan risiko kita terhadap beberapa penyakit, termasuk hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2. Semangkuk bubur oatmeal mengandung serat tinggi, yang dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga mengandung lignan, senyawa kimia nabati yang dikaitkan dengan pencegahan penyakit jantung. Selain itu, oats juga kaya akan zat besi, magnesium, dan vitamin B kompleks. Namun, perhatikan komposisi pada bungkus oatmeal siap saji kita. Oatmeal siap saji yang baik harus mengandung satu bahan saja: biji gandum utuh. Hindari oatmeal siap saji yang mengandung gula dan sodium tinggi, dan rendah serat.

  • Beri-Berian

Buah beri merupakan sumber dari berbagai macam mineral, seperti zat besi, zinc, copper, mangan dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Beberapa penelitian juga telah membuktikan efeknya dalam kesehatan manusia dan pencegahan beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, kanker, dan hiperlipidemia. Beberapa jenis beri yang populer seperti bluberi, raspberi, stroberi, dan beri hitam rendah gula tapi tinggi serat. Beri terbukti berhasil mengurangi peradangan, serta menjaga sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Kita bisa menyantap aneka beri bersama greek yogurt sebagai makanan terbaik untuk sarapan. [2].

  • Buah-buahan

Segala macam buah-buahan tinggi akan vitamin, potasium, serat dan juga rendah kalori. Satu gelas potongan buah mampu menyediakan 80-130 kalori yang cukup untuk memulai aktivitas.

  • Teh dan Kopi

Setelah membahas menu makanan, sarapan yang sehat juga mempunyai menu berupa minuman. yaitu kopi dan teh. Walaupun memang terlalu banyak kopi akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita, namun tidak ada salahnya dengan meneguk segelas kopi hangat untuk memulai hari. Segelas kopi panas favorit kita (tanpa gula dan creamer) mengandung antioksidan tinggi, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Teh juga tinggi akan properti antioksidan, disebut flavonoid, yang mampu menggenjot kerja sistem kekebalan tubuh dan efektif sebagai obat anti-peradangan. Pilih teh melati biasa, hijau, atau teh hitam, asal tidak pakai gula. Teh cukup ampuh sebagai alarm pagi hari, karena kandungan L-theanine tingginya mampu membangkitkan kewaspadaan dan membantu menajamkan fokus. [3]

Dalam mengonsumsi sarapan pagi hari yang dianjurkan, ada baiknya kita juga imbangi dengan minum air putih yang kaya akan mineral, karena dapat membantu kita untuk kesehatan tubuh kita nanti. Seperti AQUA yang memilih sumber air pegunungan terbaik, dari sumber air lapisan tanah dalam. AQUA juga merawat lingkungan sekitar untuk menjaga kelestarian sumber air, seperti penanaman lebih dari 2 juta pohon dan perlindungan 10 hektar tanah di sekitar sumber air, agar alam dapat terus mengalirkan kebaikan untuk kita.  Kebaikan dari alam dibotolkan langsung di sumbernya, melalui cara yang intensif namun efektif dengan pengawasan secara real time untuk menjaga kualitas terbaik saat produksi dan pengemasan hingga kebaikannya sampai di tangan kita.

Setelah mengetahui ciri kualitas air minum yang baik, sekarang menerapkan gaya hidup sehat dengan cukup minum air sesuai kebutuhan tubuh pun semakin mudah dilakukan. Pilih AQUA, karena hanya AQUA lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas. [4]

  1. https://health.kompas.com/read/2020/06/17/060400168/9-makanan-yang-baik-dijadikan-menu-sarapan?page=all
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/6-makanan-terbaik-untuk-sarapan/#gref
  3. https://www.sehatq.com/artikel/10-makanan-terbaik-di-pagi-hari-untuk-menu-sarapan-anda
  4. https://docs.google.com/document/d/1yTplGO7HTxW_r_Sr2LlP1bEU0_CvpKrYIh6eV3crz0E/edit

Related posts