Cara Mengatasi Halusinasi dari SehatQ

  • Whatsapp
Halusinasi

Halusinasi merupakan kondisi seseorang yang seolah-olah melihat, kemudian mendengar, bisa juga mencium, atau merasakan, bahkan merasakan hal-hal yang sebenarnya tidak ada. Dalam kondisi ini juga mungkin bisa membuat takut penderitanya. Namun, umumnya pada kondisi ini juga bisa diketahui apa penyebabnya. Bukan hanya itu, membuat ketakutan, halusinasi juga dapat membuat seseorang merasa gugup dan juga paranoid. Oleh karena itu kenapa penting sekali bagi penderita gangguan ini supaya didampingi oleh orang yang ia percayai.

Namun tergantung dari penyebabnya, penderita halusinasi juga mungkin membutuhkan psikiater, bisa  ahli saraf, ataupun bahkan dokter umum. Melakukan perawatan untuk kondisi ini juga mungkin adalah konsumsi obat-obatan supaya bisa mengobati kondisi kesehatan yang biasa mendasarinya. Pada kondisi lain, terapi pada perilaku mungkin dibutuhkan. Sehingga hal itu bisa berupa mengubah perilaku konsumsi alkohol yang berlebihan. Dan dapat juga, pasien akan diminta untuk meningkatkan kualitas tidur supaya meredakan halusinasi.

Beberapa penyebab dari halusinasi juga dapat beragam tergantung bagian mana dari indera yang mengalaminya. Lantas apa sajakah itu? Berikut pembahasan dari SehatQ. Penyebab umum dari Halusinasi seperti skizofrenia, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, migrain, tumor otak, sindrom Charles Bonnet dan epilepsi Sedangkan berdasarkan indera yang telah mengalami halusinasi, juga penyebabnya bisa digolongkan sebagai berikut diantaranya:

Penyebab Halusinasi pada Pendengaran

Dalam kondisi ini juga bisa terjadi ketika seseorang merasa mendengar suara dari dalam pikirannya. Pada suara tersebut seperti telah berbicara satu sama lain ataupun merasa seperti disuruh melakukan sesuatu oleh suara halu tersebut. Ada beberapa kondisi yang mungkin dapat menyebabkannya seperti skizofrenia, gangguan bipolar, psikosis, gangguan kepribadian ambang, gangguan stres pasca trauma, kehilangan pendengaran, gangguan tidur, lesi otak, penggunaan obat, dan penyebab halusinasi visual

Namun untuk penderita yang merasa seperti melihat sesuatu yang tidak dilihat oleh orang lain. Bisa juga melihat objek dengan bentuk yang tidak biasa ataupun melihat sesuatu yang bergerak dengan cara yang tidak normal. Ada juga penyebab halusinasi visual ini yakni seperti kerusakan jaringan otak (lesi), skizofrenia, gangguan schizoafektif, depresi, gangguan bipolar, delirium, demensia, penyakit Parkinson, kejang, migrain, lesi otak dan tumor, masalah tidur, konsumsi obat, masalah metabolisme, penyakit Creutzfeldt-Jakob

Penyebab Halusinasi pada Penciuman

Pada penderita mungkin juga akan mencium sesuatu di sekitarnya. Akan tetapi, bau biasanya juga justru berasal dari tubuh penderita itu sendiri. Untuk penyebabnya seperti cedera kepala, dingin, kejang lobus temporal, sinus yang meradang, tumor otak dan penyakit Parkinson.

Penyebab Halusinasi pada Pengecapan

Untuk penderita halusinasi jenis ini umumnya merasakan sesuatu yang baik yang dimakan ataupun diminum dengan rasa yang aneh. Dalam kondisi ini biasanya disebabkan oleh penyakit lobus temporal, lesi otak, penyakit sinus, dan epilepsi.

Penyebab Halusinasi pada bagian Indera Peraba

Dalam kondisi ini bisa ditandai dengan perasaan seolah penderita sedang digelitik bahkan ketika tidak ada orang lain di sekitar dia. Hal ini juga bisa pada penderita yang merasa seperti serangga merayap di atas tubuhnya ataupun di bawah kulit. Kemudian penderita juga mungkin bisa merasakan semburan udara panas di wajah. Untuk penyebab halusinasi jenis ini yakni dari skizofrenia, gangguan schizoafektif, konsumsi obat, delirium tremens, alkohol, penyakit Alzheimer, demensia tubuh Lewy dan penyakit Parkinson.

Related posts