Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh untuk Lawan Corona

  • Whatsapp
Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh untuk Lawan Corona

Dalam rangka melawan corona seluruh warga dan pemerintah bekerjasama untuk memutus penyebaran virus ini dan melakukan hal-hal yang bisa dilakukan sendiri. Salah satunya dengan menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh merupakan kemampuan tubuh dalam menangkal semua kuman yang dapat masuk pada tubuh manusia. Jika memiliki daya tahan tubuh yang baik maka tubuh akan sehat tetapi jika memiliki daya tahan tubuh buruk maka kuman lebih mudah masuk dan tubuh akan mudah terserang penyakit. Namun ditengah perkembangan dunia yang serba cepat membuat banyaknya kebiasaan buruk merusak sistem kekebalan tubuh sehingga tidak optimal.

Berikut adalah hal yang dapat merusakkan sistem imun tubuh diantaranya:

  • Kurang tidur dikarenakan banyak aktifitas yang membuat seseorang menjadi sulit tidur, hal ini akan membuat tubuh mengalami batuk, pilek dan penyakit lain yang berhubungan dengan kesehatan fisik dan mental, serta meningkatkan hormon stres.
  • Jarang bergerak atau jarang berolahraga seperti kegiatan terlalu lama menggunakan smartphone, bermain games dalam waktu lama akan membuat seseorang tidak merasakan bahagia dan tidak membuat tubuh dapat nyenyak tidur.
  • Terlalu banyak mengonsumsi gula dan garam namun kurang mengonsumsi sayur dan buah, kekebalan tubuh akan terganggu karena adanya lemak jenuh dan sebaiknya memperbanyak mengonsumsi vitamin C dan E yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, daya tahan tubuh dapat turun jika tubuh mengalami stres yang mendorong otak untuk menghasilkan hormon kortisol yang menggunakan sel T untuk melawan infeksi. Begitu juga dengan ke sendirian, seseorang yang memiliki hubungan kuat dan jaringan pertemanan akan memperkuat daya tahan tubuh dibandingkan jika memiliki rasa kesepian. Untuk seorang yang tak memiliki selera humor akan berpengaruh terhadap kesehatan olah karena itu banyak tertawa akan menghambat produksi dari hormon stres yang meningkatkan sel darah putih dalam melawan berbagai infeksi tubuh, begitu juga dengan kebiasaan merokok yang tidak baik karena nikotin akan menurunkan antibodi sel B serta respon sel T.

Berikut adalah makanan yang baik untuk memberikan daya tahan pada tubuh ketika wabah corona diantaranya:

  • Buah citrus dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk kepruk, jeruk nipis, lemon dan jeruk bali yang membantu menghasilkan sel darah putih dan akan membantu menjaga tubuh terhadap berbagai infeksi.
  • Paprika merah dengan kandungan vitamin C yang banyak diolah dengan tumis dan sup sehingga akan membantu kekebalan tubuh, ditambah kandungan beta karoten yang baik untuk kulit dan mata.
  • Brokoli yang memiliki kandungan vitamin A, E dan mineral serta antioksidan, untuk mengolahnya dengan tidak terlalu lama diolah dan pastikan dikukus terlebih dahulu sehingga serat akan lunak.

Selain itu, bawang putih yang merupakan bahan dapur untuk memperlambat pengerasan pada arteri dan membantu penurunan tekanan darah. Konsentrasi kandungan sulfur akan memperkuat kekebalan tubuh. Jahe merupakan bahan dapur yang digunakan sebagian bahan minuman yang menghangatkan namun mengandung vitamin C untuk menurunkan penyakit kronis dan menurunkan kadar kolesterol.

Dapat juga mengonsumsi bayam yang memiliki kandungan antioksidan, beta karoten dan vitamin C dan memasak bayam tidak dalam waktu lama. Yogurt dengan kandungan probiotik yang menstimulasi sel darah putih dan meningkatkan pertahanan tubuh pada setiap penyakit yang menyerang. Cara mengonsumsi ini memang tidak mampu melawan corona namun dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk terhindar dari infeksi virus ketika sedang berada diluar ruangan.

Related posts