Benarkah Covid-19 Bisa Menyebar Melalui Pipa Air? Simak Jawabannya Disini!

  • Whatsapp
Pipa PVC Rucika

Proses penularan Covid-19 sampai saat ini pun masih dalam penelitian dan akan terus menjadi objek penelitian. Pasalnya, ada beberapa kesimpang siuran mengenai proses penularan virus ini. Bahkan, baru-baru ini virus yang tadinya dikatakan bukan virus airborne, ternyata mampu menginfeksi manusia melalui udara.

Ada lagi kabar mengenai penularan virus Covid-19 ini melalui saluran air. Lantas benarkah virus ini bisa menyebar menyebar melalui pipa air? Berikut jawabannya.

Benarkah Covid-19 Bisa Menyebar Melalui Pipa Air?

Pada Februari lalu, pemerintah di daerah Tsing Yi, Hong Kong melakukan evakuasi terhadap lebih 100 warganya. Mereka dievakuasi dan dikarantina setelah salah seorang wanita yang tinggal di apartemen Hong Mei House, menjadi korban kedua yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Wanita tersebut terinfeksi setelah salah satu penghuni apartemen yang tinggal di atas 10 lantai huniannya terinfeksi virus ini. Tidak pernahnya mereka melakukan komunikasi atau kontak fisik inilah, yang memunculkan dugaan bahwa penyebaran virus Covid-19 ini bisa terjadi melalui infrastruktur bangunan seperti pipa saluran air.

Dugaan ini diperkuat dengan adanya laporan, kedua pasien tersebut tinggal di blok vertikal yang sama. Artinya kedua pasien positif corona tersebut berbagi jaringan pipa toilet yang sama.

Skema penularan ini memang masih berupa dugaan dan belum pasti, masih memerlukan penelitian dan penyelidikan. Namun, terjadinya penularan virus ini melalui pipa air, bukanlah hal yang tidak mungkin, karena sebelumnya penyelidikan penyebaran virus melalui saluran pipa air pernah dilakukan saat virus SARS merebak pada tahun 2003 silam.

Penyebaran Virus SARS itu diduga kuat karena kebocoran pipa saluran air. Hal ini dikarenakan virus SARS dapat masuk ke dalam feses. Jika pipa-pipa yang mengangkut kotoran itu mengalami kebocoran, maka tetesan dari kebocoran itu nantinya bisa menjadi aerosol yang akan menyebar dan membuat orang-orang terpapar.

Memang, kasus penyebaran virus SARS melalui saluran pipa air tidak bisa disamakan dengan virus Covid-19. Namun, kerusakan pipa sanitasi bisa menambah kemungkinan orang-orang untuk terinfeksi.

Oleh karena itu, Anda harus lebih memerhatikan saluran sanitasi Anda. Gunakan pipa yang berkualitas bagus dan tahan lama, pipa PVC dari Rucika salah satunya. Kenapa? Karena pipa Rucika ini memiliki daya tahan yang begitu kuat sehingga dapat meminimalisasi kebocoran saluran pipa. Pipa PVC Rucika ini juga dibuat menggunakan resin uPVC (unplasticized Polyvinyl Chloride) yang tahan terhadap korosi hingga 30 tahun.

Nah, sudah pahamkah Anda mengenai penyebaran virus covid-19 ini? Yuk, perhatikan lagi pipa pvc Anda agar meminimalisasi penyebaran covid-19. Semoga bermanfaat!

Related posts