Apa Sih PLN Mobile itu?

  • Whatsapp
PLN Mobile

PLN Mobile adalah salah satu aplikasi terintegrasi yang memadukan dua aplikasi yakni Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 31 Oktober 2016 di Kantor Pusat PLN, yang berada di Jakarta, di mana aplikasi ini diluncurkan bertepatan dengan hari Listrik Nasional yang ke-71 pada saat itu.

Hadirnya aplikasi PLN Mobile ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan yang selama ini sudah diakses oleh masyarakat. Sebagai salah satu contohnya, dulu masyarakat ketika ingin membayar tagihan listrik dari layanan PLN pasti harus untuk menghubungi call center PLN terlebih dahulu di nomor 123 untuk mengetahui berapa besaran tagihan listrik yang harus untuk Anda bayarkan. Namun, untuk saat ini cek tagihan listrik Anda lebih praktis untuk Anda lakukan yakni hanya melewati PLN Mobile saja.

Dari PLN Mobile ini pula, masyarakat bisa mendapat informasi langsung mengenai pemakaian listrik di setiap harinya. Mulai dari mendapat pemberitahuan informasi mengenai adanya pemadaman listrik hingga Anda bisa menyampaikan keluhan yang dialami selama Anda menggunakan layanan PLN. Dari semua inilah fungsi integrasi yang ada dalam PLN Mobile bekerja.

Terus Bagaimana Cara Daftar di Aplikasi PLN Mobilenya?

Agar Anda bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile ini sepenuhnya, Anda pastinya akan diminta instal aplikasinya terlebih dahulu pada perangkat smartphone Anda. Aplikasi PLN Mobile ini dapat Anda instal di Google Play Store dan App Store.

Setelah aplikasi PLN Mobile ini terpasang pada perangkat smartphone Anda, kemudian Anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut untuk melakukan pendaftaran. Di halaman PLN Mobile yang sudah terbuka tersebut nantinya ada beberapa pilihan Daftar yang harus Anda klik agar bisa mendaftarkan diri Anda.

Begitu pilihan Daftar di klik, Anda akan diminta untuk memasukan persyaratan sebagai berikut:

  1. Nama lengkap.
  2. IDPEL/Nomor Meter.
  3. Lokasi persil (otomatis atau isi sesuai KTP).
  4. Nomor handphone yang aktif digunakan.
  5. Email atau lakukan integrasi Gmail.
  6. Password sebanyak 6 digit.
  7. Ketik ulang password yang sebelumnya telah dimasukkan.

Setelah Anda melakukan pengisian semua persyaratan di atas, Anda sudah sepenuhnya bisa memakai aplikasi PLN Online ini.

Terus Bagaimana Cara Mengecek Tagihan Listriknya?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fitur cek tagihan listrik menjadi salah satu keuntungan yang bisa untuk di nikmati oleh seluruh masyarakat dengan hanya menggunakan aplikasi PLN Mobile saja.

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah untuk mengecek tagihan listrik lewat aplikasi PLN Mobile ini.

  1. Buka aplikasi PLN Mobile yang telah terpasang pada perangkat smartphone Anda.
  2. Kemudian Anda pilih menu Informasi.
  3. Selanjutnya, Anda pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Masukkan ID Anda atau Nomor Meter yang Anda miliki.
  5. Setelah semua langkah-langkahnya terisi, Anda pilih Cek Tagihan.
  6. Semua informasi yang mengenai tagihan listrik ataupun transaksi pembelian token semuanya sudah ditampilkan oleh aplikasi PLN Mobile ini.

Demikian informasi yang bisa saya berikan mengenai PLN Mobile semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda dalam mencari informasi mengenai semua yang berkaitan dengan PLN. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih jelasnya mengenai PLN Online Anda bisa langsung mengunjungi https://www.blibli.com/ untuk mengetahui informasi lebih jelasnya.

Related posts