Tips Memilih Pagar Rumah Modern Minimalis

Salah satu komponen rumah yang paling penting yang berfungsi sebagai pelindung rumah adalah pagar rumah. Untuk mendesain sebuah pagar rumah, tentu harus disesuaikan dengan konsep rumah itu sendiri. Salah satu jenis pagar rumah yang banyak diminati adalah pagar rumah modern. Untuk menciptakan konsep rumah modern, tentu Anda harus memilih pagar rumah minimalis modern yang menggabungkan antara komponen satu dengan komponen lainnya dirumah anda saling menyatu.

Pagar rumah sendiri merupakan pembatas antara rumah dengan jalan atau lingkungan di sekitarnya. Jadi, komponen pagar rumah ini penting untuk menjaga privasi pemilik rumah dengan orang yang ada di lingkungan sekitarnya. Selain sebagai pengaman rumah kita, sekarang pagar menjadi bagian dari asitektur rumah untuk menambah style tampilan bangunan yang kita miliki.

gambar pagar rumah modern

Gambar pagar rumah modern

Tips Memilih Pagar Rumah Modern Minimalis

contoh pagar rumah minimalis

Ccontoh pagar rumah minimalis

Sebenarnya untuk membuat atau memilih pagar rumah minimalis sendiri kita tidak bisa sembarangan, karena Anda harus menyesuaikan jenis atau ukuran pagar yang cocok dengan konsep rumah Anda. Jika Anda ingin memilih jenis pagar rumah minimalis modern ini, ada beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan, sebagai berikut:

1. Perhatikan Ukuran Rumah

Jika rumah Anda mempunyai ukuran bangunan yang sederhana dan mungil, Anda bisa memilih pagar dengan ketinggian kurang atau sama dengan 1,2 meter. Berbeda halnya jika Anda mempunyai bentuk bangunan rumah berukuran besar tentu harus disesuaikan dengan pemakaian pagar yang lebih tinggi dan besar. Adapun fungsinya adalah agar tercipta proporsionalitas dan keserasian antara pagar rumah modern anda  dengan bangunan yang Anda miliki.

2. Sesuaikan Desain Rumah dan Desain Pagar Anda

Seperti kita ketahui, desain rumah yang kita kenal di Indonesia sendiri ada beragam jenisnya seperti desain minimalis modern, desain victoria, mediterania, country, klasik dan lain sebagainya. Jadi, sebelum Anda menerapkan pagar rumah modern sebaiknya pastikan Anda menentukan desain pagar yang sesuai dengan desain yang diterapkan di rumah Anda tersebut.

3. Sesuaikan Jenis Material Pagar

Sama halnya dengan desain pagar, material pagar pun bermacam-macam. Umumnya bahan pagar terbuat dari besi hollow, stainless, batu hias, kayu, dan besi cor. Namun kebanyakan orang lebih memilih memakai bahan besi. Untuk Anda yang ingin mengetahui macam-macam pagar yang cocok, berikut di bawah ini ulasannya:

a. Pagar Stainless

gambar pagar stainless steel

Gambar pagar stainless steel

Merupakan pagar yang terdiri dari bahan baja berwarna silver. Kelebihan pagar ini yaitu lebih tahan karat dan lebih ringan, sehingga bila pagar ini tak dicat pun akan terlihat tetap bagus. Akan tetapi, jenis pagar ini lebih mahal daripada pagar biasa dan pagar tempa. Pagar stainless banyak digunakan sebagai pagar rumah modern di beberapa perumahan.

b. Pagar Biasa

Memiliki model yang polos dan tak begitu banyak variasi. Corak dan modelnya bergantung pada bahan dasarnya, yakni dibuat dari bahan dasar besi yang polos, seperti kanal, plat dan pipa. Pagar yang satu ini dapat digunakan pada rumah minimalis atau rumah biasa.

c. Pagar Tempa

foto pagar rumah dari besi tempa

Foto pagar rumah dari besi tempa

Pagar besi tempa merupakan pagar besi dengan bahan dasar yang sudah ditempa terlebih dahulu dari bahan besi polos hingga menjadi besi putar yang memiliki corak beraneka ragam. Biasanya pagar jenis ini lebih banyak digunakan pada rumah-rumah yang mewah dan bagus.

Demikian beberapa tips memilih pagar rumah modern yang tepat untuk Anda. Ciptakanlah suasana yang nyaman, aman dan tenteram di rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *