Pilih Bentuk Atap Rumah Minimalis Sesuai Type Rumah Anda!

Bentuk atap rumah minimalis merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan untuk menciptakan sebuah rumah minimalis yang ideal. Seperti kita ketahui, tak hanya desain interior yang berpengaruh pada kenyamanan sebuah rumah, melainkan juga desain eksterior begitu penting untuk menampilkan sebuah rumah minimalis yang cantik, elegan dan nyaman dilihat oleh setiap orang yang memandangnya. Atap sendiri memiliki fungsi untuk melindungi sebuah rumah maupun gedung. Ada banyak jenis desain atap rumah bisa Anda terapkan.

Tak sedikit orang yang bingung memilih model bentuk atap rumah minimalis, namun kini Anda tak perlu khawatir karena kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih atap rumah yang tepat untuk rumah Anda. Berbeda dengan rumah biasa di zaman dulu, yang sebenarnya tidak terlalu memperhatikan kualitas, kenyamanan dan kemodernan. Rumah minimalis yang kini mulai banyak diterapkan di Indonesia selalu memperhatikan segi keindahan baik dari luar maupun dari dalam. Hal yang tak kalah pentingnya untuk menampilkan sebuah rumah yang indah adalah bentuk atap itu sendiri.

atap rumah minimalis

Atap rumah minimalis

Cara Memilih Model Bentuk Atap Rumah Minimalis

Sebenarnya model atap rumah minimalis sendiri bisa disesuaikan berdasarkan tipe rumah Anda. Contohnya saja, rumah minimalis yang sederhana tentu bisa memakai atap dari bahan kayu atau bisa juga menggunakan atap dengan konstruksi baja. Selain itu, pemilihan bentuk atap rumah juga harus disesuaikan berdasarkan kondisi cuaca yang ada di lingkungan Anda. Bila Anda tak memiliki inspirasi untuk menerapkan bentuk atap yang seperti apa untuk rumah minimalis, Anda kini bisa mencari referensinya di internet maupun di majalah khusus desain rumah. Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda menerapkan bentuk atap rumah berdasarkan tipe dari rumah minimalis itu sendiri, seperti di bawah ini:

1. Bentuk atap untuk rumah minimalis modern

Jika Anda menerapkan konsep rumah minimalis modern pada rumah Anda, maka Anda bisa memilih bentuk atap rumah minimalis modern dengan kombinasi bentuk perisai dan datar. Atap dengan bentuk datar ini bisa digunakan di teras rumah Anda. Sementara, untuk atap bagian belakang sendiri bisa memodifikasi bentuk perisai. Atap yang berbentuk datar memakai bahan beton. Dengan atap yang datar ini, Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat bersantai sembari duduk dan memandang lingkungan sekitar. Hanya saja, kelemahannya adalah saat terjadi hujan, maka aliran air menjadi kurang lancar.

bentuk atap rumah minimalis

Bentuk atap miring untuk rumah minimalis

2. Bentuk atap untuk rumah minimalis sederhana

Jika Anda pemilik rumah dengan gaya sederhana, Anda dapat memilih bentuk atap untuk jenis rumah Anda tersebut berbentuk atap perisai. Atap perisai pada rumah minimalis sederhana ini dapat memberikan kesan agar rumah terlihat lebih mewah. Adapun model perisai yang satu ini dapat dibentuk pada kemiringan kira-kira 35 derajat, yang terdiri atas 4 sisi bidang. Adapun 2 sisi bidang berbentuk segitiga dan 2 sisi bidang yang lain berbentuk trapesium.

Demikian sedikit tips dalam memilih bentuk atap rumah minimalis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca minirumah.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *