Memilih Lemari Dapur Minimalis Itu Mudah

Peralatan memasak dan lemari dapur minimalis adalah dua hal yang penting keberadaannya di dalam dapur. Lemari dapur tersebut memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan segala peralatan masak yang ada di dapur. Tanpa menggunakan lemari dapur, mungkin anda akan kesulitan mencari peralatan dapur yang ingin anda gunakan. Entah karena lupa menaruh peralatan masak atau kotor karena debu merupakan hal buruk yang bisa timbul akibat tidak adanya lemari dapur. Jika peralatan memasak berserakan di dalam dapur, dapur juga akan terlihat tak bersih dan kotor, serta penuh sesak.

Memilih lemari yang pas untuk rumah minimalis sebenarnya bukanlah hal yang susah. Ada kiat-kiat sederhana untuk memadukan lemari anda dengan beberapa perabot dapur lainnya agar terlihat lebih padu dan menyatu. Coba deh bayangkan jika anda memilih lemari yang warnanya matching dengan warna tembok anda atau dengan kabinet yang ada. Misalnya tembok warna putih maka anda bisa pilih warna putih juga atau warna hitam untuk lemari anda. Selain warna anda juga harus memikirkan ukuran dari lemari tersebut. Pada dapur minimalis anda tidak mungkin menempatkan sebuah lemari besar layaknya lemari baju dikamar anda. Anda harus memilih lemari horizontal seperti lemari gantung atau lemari vertical yang panjang namun tidak terlalu lebar agar tidak terlalu memakan banyak tempat.

gambar lemari dapur minimalis

Gambar lemari dapur minimalis

Memilih Jenis Lemari Dapur Minimalis

Secara umum ada 2 jenis lemari dapur minimalis yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kedua jenis tersebut adalah lemari gantung kayu dan lemari kaca. Kedua jenis tersebut paling diminati dan paling laris dipasaran. Lemari-lemari tersebut sangat cocok untuk diterapkan pada model rumah minimalis yang selalu mengedepankan hal yang simpel dibanding dengan hal-hal yang penuh dan ribet.

1. Jenis Lemari Gantung

Gambar lemari gantung minimalis

Gambar lemari gantung minimalis

Lemari gantung adalah lemari yang ditempelkan pada tembok diatas kitchen set. Dinamakan lemari gantung karena penempatannya yang menggantung dan tidak dibawah menyentuh lantai melainkan menempel pada tembok diatas kitchen set. Ide utama penggunaan lemari ini adalah memanfaatkan ruang kosong pada tembok daripada harus menggunakan tempat lain, dimana tempat lain itu bisa dipakai untuk perabot dapur yang lain seperti lemari es.

Baca juga : Memaksimalkan Desain Interior Dapur

Lemari gantung dapur minimalis juga meminimalkan effort gerak ketika sedang memasak. Anda tidak perlu berpindah ketempat lain untuk mengambil peralatan masak, anda tinggal membuka lemari gantung dan menemukan segalanya disana. Di Indonesia lemari gantung ini biasanya terbuat dari kayu. Kayu yang paling bagus dan banyak digunakan adalah kayu jati. Meskipun anda juga bisa menggunakan jenis kayu lain namun kayu jati sangat terkenal karena daya tahan dan sangat kokoh. Kayu oak juga sering digunakan karena memiliki tekstur yang tepat untuk lemari dapur minimalis. Jika anda ingin praktis anda bisa membeli lemari dapur Olympic, namun jenis ini masih kalah awet jika dibandingkan dengan lemari kayu jati maupun oak.

Artikel terkait : Merancang model rumah kayu minimalis

2. Lemari Kaca

Permintaan akan jenis lemari kaca juga cukup besar. Lemari kaca banyak diminati masyarakat karena kita dapar dengan mudah mengetahui apa isi lemari tersebut tanpa membukanya terlebih dahulu. Meskipun lemari kaca ada yang gantung namun lemari ini lebih sering disebut dengan lemari kaca dibandingkan dengan lemari gantung. Lemari kaca biasanya memiliki frame yang terbuat dari alumunium sehingga awet dan tahan lama. Anda juga tidak perlu khawatir terhadap gangguan rayap.

gambar lemari kaca dapur minimalis

Gambar lemari kaca dapur minimalis

Lemari kaca juga menjadi pilihan lemari dapur minimalis karena tampilannya yang elegan dan begitu menyatu dengan konsep dapur minimalis. Anda tinggal memadukan warna frame dengan cat tembok dapur anda atau biarkan frame memiliki warna asli stainless dan cat tembok dapur anda yang disesuaikan. Lemari kaca juga lebih aman dibandingkan dengan lemari kayu bila ditempatkan diatas kompor, sehingga selain fungsi keindahan anda juga mendapatkan fungsi keamanan.

Merawat lemari Dapur Minimalis Anda

Seperti halnya perabotan rumah lainnya, lemari dapur juga memerlukan perawatan agar lebih awet dan tahan lama. Perawatan lemari dapur sebenarnya tidak terlalu sulit. Pertama pastikan anda tidak menempatkan barang yang beratnya melebihi kapasitas lemari tersebut. Kemudian jangan menyimpan peralatan dapur yang masih basah, peralatan basah yang disimpan dilemari akan membuat kotorr dan becek. Jika ingin menyimpan makanan, sebaiknya taruh dikulkas saja karena kalau ditaruh dilemari akan mengundang banyak serangga yang bisa mengotori lemari dan seisinya.

Demikian tips kami untuk mengenai lemari yang cocok untuk dapur minimalis. Pilihkan jenis lemari dapur yang sesuai dengan desain dan warna tembok dapur anda. Perhatikan juga fungsionalitas dan keamanan setiap perabot yang akan ditaruh di dapur. Semoga pembahasan mengenai lemari dapur minimalis ini bisa membantu anda menciptakan dapur impian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *