Denah Rumah Sederhana Kini Bisa Anda Buat Sendiri

Membangun sebuah rumah ideal adalah kegiatan yang menjadi  tantangan sendiri untuk dilakukan. Apalagi jika Anda berniat membuat denah rumah sederhana, minimalis, namun yang tetap sesuai dengan selera Anda. Menyewa seorang arsitek khusus untuk menangani hal ini tentu saja menjadi pertimbangan sendiri bagi sebagian orang. Tidak seperti denah rumah ataupun homestay, rumah sederhana bisa dibuat dengan cara yang pasti lebih mudah. Karena itu, bisa jadi Anda merasa sayang untuk menyewa arsitek untuk menangani denah rumah kecil ala anda sendiri.

Memiliki denah rumah simpel tanpa bantuan arsitek tentu bukan satu hal yang tidak mungkin. Meski bisa jadi Anda adalah seorang amatir di dunia desain, namun dengan bantuan teknologi dan keingintahuan kuat, Anda bisa membuat desain rumah sendiri dengan bantuan laptop dan sebuah software.

gambar rumah sederhana

Gambar rumah sederhana

Langkah Membuat Denah Rumah Sederhana Sendiri

Apakah Anda sudah mempersiapkan sebuah computer dengan dukungan koneksi internet? Maka daripada Anda pusing lebih baik Anda mencoba membuat sendiri denah rumah berdesain sederhana Anda mulai saat ini juga.

gambar denah rumah sederhana

Gambar denah rumah sederhana

Secara umum, langkah-langkah dalam membuat denah rumah sederhana ini adalah:

1. Download Software

Langkah pertama Anda harus mempunyai sebuah software untuk membuat denah rumah. Software termudah adalah Googleskechup dari Google, ada pula yang lebih menyukai software lain sejenis seperti home 3D, AutoCAD, dll. Software untuk mendesain denah rumah sederhana ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, saran kami jika anda masih belajar-belajar mending menggunakan yang gratis agar tidak terlalu banyak mengeluarkan uang karena masih tahap belajar.

2. Baca Tutorial

Baca tutorial baik-baik agar Anda bisa cepat menguasai cara pakai software tersebut. Biasanya setiap software akan menyediakan tutorial yang bisa anda ikuti untuk mendesain denah rumah anda. Tutorial bisa berupa video, step by step atau dalam bentuk ebook.

3. Otak-atik

Otak-atik beberapa denah awal sebagai sarana latihan Anda. Hal ini berfungsi agar Anda merasa rileks. Setelah beberapa denah Anda akan siap untuk membuat desain rumah sederhana seperti yang Anda bayangkan.

4. Pengukuran

Tidak kalah penting adalah proses pengukuran. Buatlah sebuah skala denah antara dalam gambar dan dunia nyata. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda jika sudah ingin menerapkan rancangan denah untuk dibangun para tukang. Menentukan pengukuran skala dengan baik bisa membantu anda menciptakan denah rumah sederhana yang maksimal dan mudah dikerjakan oleh para tukang nantinya.

5. Save

Langkah terakhir tentu saja adalah saving. Jangan lupa untuk menyimpan semua rancangan denah yang Anda buat. Selain akan Anda gunakan ketika membangun rumah, arsip file ini bisa saja akan berguna untuk di masa depan.

6. Editing

Terkadang ide itu munculnya tiba-tia dan tak terduga, itulah yang membuat anda mungkin akan melakukan proses editing.. Anda bisa meneliti dan menimbang-ubah kembali denah yang sudah Anda buat sebelumnya untuk menyempurnakan denah rumah sederhana Anda. Semakin banyak editing, berarti semakin banyak pula Anda berlatih.

Nah, itu tadi gambaran langkah-langkah yang akan Anda hadapi ketika berniat untuk membuat denah rumah sederhana sendiri. Meskipun terkesan tidak terlalu ribet, namun membuat denah membutuhkan ketelitian ekstra. Ketika Anda harus mengukur skala, arus listrik ataupun aliran air, Anda akan tahu seberapa keras usaha sebenarnya dalam membuat denah rumah. Kunjungi juga halaman khusus yang membahas mengenai rumah sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *