10 Jenis Atap Rumah Dalam Dunia Arsitektur

Atap rumah merupakan salah satu elemen penting yang seharusnya kita perhatikan dengan benar. Dalam merancang sebuah rumah kita pasti membutuhkan jenis atap rumah yang kokoh dan sesuai dengan model rumah yang akan dibuat. Oleh karena itu perencanaan awal menjadi sangat penting disini karena bagus tidaknya atap tergantung dari keselarasan model dengan atap yang digunakan nantinya. Jangan sampai kita salah menggunakan model atap yang tidak cocok terhadap model rumah yang diharapkan.

Terkadang membuat dari awal lebih mudah daripada harus merenovasi. Bagi Anda yang masih dalam tahap perencanaan maka kesempatan ini bagus untuk mendapatkan jenis atap yang sesuai. Berbeda jika Anda baru saja pindah ke rumah baru yang mungkin kurang cocok dengan model atap yang digunakan. Anda harus memperitungkan banyak hal mengapa atap model ini tidak cocok dengan rumah model ini, ataupun sebaliknya. Jika Anda berada pada kondisi kedua maka ambil saja hikmahnya, yaitu Anda akan mengetahui jenis atap yang bagus untuk digunakan sesuai kebutuhan Anda, meskipun proses pembelajaran itu tentu saja tidak murah.

Mengenal 10 Jenis Atap Rumah Yang Umum Di Dunia Arsitektur

Mungkin selama ini kita baru tahu model atap limas, atau model atap datar. Model-model atap tersebut memang paling banyak digunakan di Indonesia. Nah untuk menambah wawasan Anda saya ingin membagikan 10 model atap rumah yang sering dibahas dalam situs-situs ataupun majalah rumah. Berikut ini jenis atap rumah yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk rumah Anda :

1. Atap Mansard

jenis atap rumah mansard

Jenis atap rumah mansard

Atap ini biasanya digunakan untuk model rumah Eropa terutama di Perancis. Jenis atap rumah mansard roof adalah jenis atap dengan model empat sisi, dimana terdapat dua lereng pada masing-masing sisi atap. Semakin rendah maka kemiringannya lebih curam. Ciri khas atap ini terdapat pada jendela atap yang seakan-akan menusuk atap. Banyak orang Perancis yang menggunakan atap ini karena bisa dijadikan ruang tambagan / ruang penyimpanan dibagian atas rumah.

2. Atap Gambrel

atap gambrel

Atap gambrel

Jenis atap yang hampir mirip dengan atap mansard. Model atap ini sering dijumpai pada rumah-rumah peninggalan Belanda dan bangunan rumah model Eropa. Atap gambrel adalah atap yang mempunyai dua sisi simetris dengan 2 lereng di setiap sisi atap. Lereng atas biasanya mempunyai sudut yang dangkal sementara lereng yang rendah kemiringannya lebih curam.

3. Atap Saltbox

atap saltbox

Atap saltbox

Asal mula model atap ini adalah Inggris dan diperkenalkan ke seluruh dunia dalam upaya ekspansi kerjaan Inggris. Desain atap yang rapi yang biasanya berbentuk asimetris, yang artinya satu sisi atap pendek sedangkan sisi atap yang lainnya panjang. Jika Anda sering menonton gaya rumah di film Amerika Jaman dahulu pasti Anda pernah melihat model atap rumah ini.

4. Atap Piramida /Atap Limas

atap limas

Atap limas

Salah satu modelĀ atap rumah yang banyak diterapkan di Indonesia. Atap ini sebenarnya cocok untuk bagian rumah yang tidak terlalu besar karena perhitungan yang sedikit rumit untuk membuat sebuah piramida. Anda perlu memperhitungkan panjang, lebar dan tinggi agar setiap sisi atap terlihat presisi. Banyak arsitektur yang menyarankan penggunaan jenis atap ini pada bagian rumah yang memiliki porsi luas tanah yang kecil.

5. Atap Hip

atap hip

Atap hip

Mungkin rumah Anda salah satu yang menggunakan jenis atap rumah ini. Atap hip adalah atap yang memodifikasi rumah limas / piramid agar bisa diterapkan pada rumah yang besar. Atap ini menggunakan konsep atap trapesium. Mungkin ini merupakan jenis atap yang paling praktis diterapkan sehingga masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan atap ini.

6. Atap Bonet

atap bonnet

Atap bonnet

Model atap rumah yang bisa dibilang merupakan kombinasi atap limas dan atao hip. Konsep atap bertingkat dan bagian bawah lebih menjorok keluar untuk menutupi ruangan dibawahnya. Salah satu contoh penggunaan atap jenis ini adalah rumah joglo.

7. Atap Datar

atap datar

Atap datar

Atap yang paling mudah dibangun adalah atap datar / flat. Model atap ini sering diaplikasikan pada rumah minimalis. Kelebihan dari atap ini adalah mudah dibuat dan mudah diakses, sayangnya atap ini merupakan atap yang membutuhkan perawatan rutin apalagi jika ada banyak puing-puing yang menumpuk di atap.

8. Atap Palang Runcing

atap palang runcing

Atap palang runcing

Salah satu jenis atap yang juga banyak di terapkan di Indonesia. Atap ini biasanya hanya berbentuk segitiga jika dilihat dari samping. Atap ini hanya memiliki 2 sisi pokok yang sama / presisi.

9. Atap Melengkung

atap rumah melengkung

Atap rumah melengkung

Di Indonesia atap melengkung biasanya hanya digunakan untuk pelengkap dan menambah kesan unik pada suatu rumah. Penggunaan atap melengkung menurut banyak pihak merupakan sentuhan estetika yang menawan untuk sebuah rumah. Jenis atap rumah ini biasanya ditempatkan diatas teras.

10. Atap Skillion

Atap Skillion

Atap Skillion

Jenis atap yang paling banyak diaplikasikan untuk sebuah rumah minimalis. Pada dasarnya atap ini memiliki permukaan atap miring tunggal. Atap skillion merupakan pilihan arsitektur modern dengan membentuk atap rumah multi level dengan konsep dasar atap miring. Baca juga : Bentuk atap rumah minimalis sesuai tipe rumah.

Demikian artikel yang membahas berbagai jenis atap rumah yang menjadi bagian arsitektur dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi Anda dalam memilih suatu atap rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *